Wednesday 13 April 2016

Rangkaian Mesin Motor


Rangkaian Mesin Motor

Rangkaian Mesin Motor, pastinya adalah hal yang perlu diketahui oleh para penggemar otomotif terutama pencinta kendaraan motor. Seperti kita ketahui jika sepeda motor memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk transportasi. Ada beberapa keunggulan dari sepeda motor seperti pengendara lebih cepat sampai tentu sangat bermanfat bagi Anda. Di Indonesia, ada beberapa merk dari produsen otomotif mulai dari Asia seperti Jepang dan India hingga Eropa dan Amerika yang pada dasarnya menghasilkan produk yang menggunakan prinsip sama. Adapun prinsip dan juga sistem kerja pada rangkaian ini sendiri memiliki 2 cara yaitu 2 stroke atau 2 tak dan juga 4 stroke atau 4 tak.

Gambar Skema Rangkaian Mesin Motor

Rangkaian Mesin Motor
Pada dasarnya ada 3 komponen penting dalam rangkaian mesin motor yang sangat mendukung jalannya kontruksi mesin motor. Bagian yang berada di paling atas dari kontruksi mesin adalah kepala silinder. Kepala silinderini memiliki fungsi sebagai penutup atau pelindung dari lubang silinder di bagian blok silinder yang juga bertugas untuk menjaga komponen lainnya yang pastinya memiliki peranan tidak kalah penting di dalam rangkaian mesin motor tersebut. Silinder ini biasanya menggunakan bahan aluminium yang akan bertumpu di blok silinder yang digabungkan dengan baut. Pada kedua bagian ini akan dipasang paking atau gasket yang bertujuan untuk menutup ruang bakar saat melakukan kompresi. Biasanya juga terdapat perbedaan untuk mesin 2 tak dan 4 tak. Untuk bagian kepala silinder 2 tak memiliki bentuk kontruksi lebih sederhana dibanding mesin 4 tak.
Bagian terpenting kedua adalah blok silinder yang terletak diantara kepala silinder dan juga bak engkol. Pada bagian tengah blok silinder ada lubang piston untuk melakukan kerja pada mesin. Nah, biasanya blog silinder ini akan diletakkan pelapis logam khusus yang berfungsi untuk mengurangi tingkat keausan yang disebabkan gesekan dengan bagian piston serta piston ring. Ketiga adalah bagian poros engkol yang terletak pada bagian paling bawah di kontruksi mesin. Pada bagian bak engkol tersebut ada rangkaian mesin motor yang dibuat secara komplit.
Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian mesin motor, semoga artikel rangkaian ini nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, sepertiRangkaian Sistem Starter, Rangkaian Buzzer dan Rangkaian Alarm Mobil.

No comments:

Post a Comment